Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Kamis, 06 September 2012

Olahraga Teratur Tingkatkan Kekuatan Otak Saat Tua

VeHealth.com - Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kekuatan otak saat tua. Orang yang berolahraga secara teratur memiliki fungsi otak yang lebih baik saat tua dibanding mereka yang lebih banyak duduk. Para peneliti dari Universitas Texas di Austin telah membandingkan otak 28 peserta yang aktif pada usia 40-65 tahun dengan 27 subyek yang pasif dalam rentang usia yang sama. Subyek yang aktif melakukan sesi olahraga lari atau/dan bersepeda setidaknya empat hari dalam seminggu.

Kepala Peneliti Andreana Haley, Ph.D. dan timnya mengukur konsentrasi penanda saraf dan fungsi kognitif mereka secara keseluruhan. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kelompok tersebut dalam fungsi mental. Subyek yang berolahraga secara teratur menunjukkan hal yang positif pada penanda saraf.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa latihan fisik teratur berkaitan dengan otak sehat. Plastisitas saraf yang lebih besar dan efisiensi metabolisme yang lebih tinggi," kata Andreana, seperti dilansir Nydailynews, (3/9). "Dengan kata lain, kebiasaan berolahraga bisa menjaga fungsi kognitif tetap bekerja dalam waktu yang cukup lama," tambahnya.

Studi ini dipublikasikan pekan lalu dalam jurnal Brain Topografi. Selain itu, peneliti dari Karolinska Institutet dan Universitas Stockholm juga menemukan bahwa menjaga kesehatan secara fisik dapat menambah usia hingga enam tahun masa hidup. Hasil penelitian tersebut juga diterbitkan dalam British Medical Journal. (ka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...