Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Senin, 03 September 2012

13 Cara Makan Sehat Sama Dengan Diet!

VeHealth.com - Mulailah mencoret empat kata 'DIET' dalam pikiran ganti dengan memfokuskan pada rencana makan sehat. Strategi ini didasarkan pada memilih makanan yang rendah kalori, lemak, gula, dan natrium, dan juga tinggi serat dan protein. Selain itu juga harus mengontrol porsi makanan dengan cara membuat rencana menu sehat.

Banyak sekali image miring sebuah kata DIET identik dengan kata SUSAH, maka sebenarnya rencana makan sehat adalah bagian didalamnya sebuah program diet secara keseluruhan, jangan mengartikan bahwa diet itu hanya dengan membatasi makan anda jangan makan ini dan itu !  tetapi sebuah metode bagaimana kalori yang masuk sesuai dengan kalori yang dikeluarkan, agar tidak terjadi penumpukan kalori didalam tubuh anda berupa lemak.

Mengukur jumlah porsi makan sangat penting untuk dilakukan, demikian saran Hannah El-Amin, seorang ahli diet di Northwestern Memorial Hospital. Angka 13 merupakan angka keberuntungan dan angka tersebut digunakan oleh para ahli gizi unutk merekomendasiakn 13 langkah untuk menuju hidup sehat.

  1. Anda perlu kepercayaan diri yang tinggi, dan harus percaya anda bisa menurunkan berat badan tanpa melakuakn diet yang ketat.
  2. Jangan menyerah sebelum mencoba. Yakinkan diri bahwa Anda akan sukses untuk menurunkan berat badan tanpa melakuakn diet yang ketat.
  3. Buatlah catatan menjalankan apa yang dimakan. EL-Amin menekankan pentingnya bersikap jujur pada diri sendiri. 'Buku harian perlu untuk mencatat secara akurat untuk mengetahui jumlah lemak yang dimakan, jumlah sayuran dan buah yang dimakan, snacktinggi kalori dan makanan lainnya.'
  4. Untuk menjaga berat badan anda, dengan sederhana apabila anda ingin menurunkan berat badan ½ kg per minggu, cukup dengan mengurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari. Apabila dicontohkan adalah dengan makanan adalah 1 porsi nasi goreng +  bakwan goreng (= 500cal).
  5. Mulailah makan sarapan dengan menu sehat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak makan sarapan akan makan lebih banyak di siang harinya. Sedangkan yang makan sarapan akan berhasil mempertahankan berat badannya.
  6. Belajarlah untuk mulai membaca tabel nutrisi. 'Anda harus menyadari apakah komposisi makanan dan nutrisinya sudah benar.
  7. Gantilah makanan tidak sehat dalam kulkas atau dapur dengan kacang-kacangan, biskuit gandum, salmon dan tuna, buah-buahan, pasta gandum, beras merah, dan sayuran segar.
  8. Apabila lingkar pinggang membesar ukurannya, dimerekomendasikan anda untuk mengecilkan ukuran piring, mangkuk dan gelas anda di rumah. Sebaiknya makanlah separuh porsi makan malam kemudian makanan bisa disimpan dalam kulkas untuk dimakan esok hari.
  9. Berhenti makan sebelum kenyang. 'Caranya adalah dengan berhenti segera setelah merasa sedikit kenyang. Cara ini membutuhkan waktu 20 menit bagi otak untuk menyadari bahwa perut penuh.
  10. Re-proporsi piring Anda. Setengah dari piring anda sebaiknya ada sayur dan buah-buahan, seperempat protein dan seperempat karbohidrat.
  11. Tahanlah diri untuk tidak makan di depan televisi atau komputer. Karena jika mengemil saat menonton televisi atau sedang berada di depan komputer, tidak akan menyadari berapa banyak makanan yang sudah dihabiskan.
  12. Cobalah ajarkan diri sendiri tentang makanan sehat. Anda dapat meracik berbagai makanan sehat dan perbanyak makan sayur dan buah.
  13. Memiliki kesabaran dan ketekunan. "Jadilah orang yang realistis. Ini akan butuh waktu untuk merubah gaya hidup". (ka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...