Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Senin, 03 September 2012

Kebiasaan Isap Jempol Bisa Sebabkan Keracunan


VeHealth.com - Kebiasaan mengisap jempol yang dilakukan anak harus diwaspadai. Sebuah pernyatan dari dr H Amran Harun SpA, Spesialis Anak RS Graha Husada Bandar Lampung menuturkan jika perilaku tersebut cuklup mebahayakan.

Menurut Amran, hampir 80 persen bayi mempunyai kebiasaan mengisap jempol atau jari lainnya. Keadaan ini berlangsung umur 18 bulan-6 tahun. Sebagian besar kelompok ini mempunyai obyek-obyek lain yang sering dipegang, seperti selimut, mainan, serpihan baju atau rambut.


Lebih lanjut ia menuturkan beberapa masalah dapat ditimbulkan akibat kebiasaan mengisap jempol adalah masalah gigi, berupa maloklusi dan kelainan pada tulang rahang. Jari abnormal, berupa terbentuknya kalus, iritasi, eksema dan paronikia (jamur kuku).


Juga akan ada efek psikologis akan menimbulkan kepercayaan diri anak karena anak sering diejek oleh saudara atau orangtuanya. Bahayanya lagi, menghisap jempol bisa menyebabkan keracunan tidak disengaja. Juga terjadinya risiko infeksi saluran cerna meningkat.


"Isap jempol itu bisa menyebabkan keracunan dan risiko infeksi saluran cerna," kata Amran. Sebelum umur 4 tahun, mengisap jempol adalah normal dan tidak berhubungan dengan gangguan fungsi sosial dan perkembangan anak. Secara umum tidak ada yang perlu dilakukan sampai anak berusia 4 tahun. Karena sebagian besar akan menghilang setelah usia 4 taun dan belum ada komplikasi yang timbul sebelum umur ini. (ka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...