Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Sabtu, 08 September 2012

Jika Makin Romantis, Makin Sedikit Makan


VeHealth.com - Sebuah penelitian pernah mengemukakan, bahwa lampu restoran cepat saji yang temaram dapat menyebabkan seseorang mengkonsumsi kalori lebih sedikit. Hasil penelitian itu menentang pemikiran, bahwa orang yang menikmati makanan dalam suasana romantis, dengan lampu temaram dan alunan musik lembut, akan memesan makanan lebih banyak dibandingkan dengan suasana rumah makan pada umumnya.

Untuk menanggapi tantangan tersebut, para peneliti melakukan perombakan pada satu restoran cepat saji. Mereka menyediakan lampu temaram serta alunan musik lembut. Peneliti juga menanyai para responden, apakah mereka lebih menyukai makan di rumah makan cepat saji atau rumah makan bernuansa romantis.


Para peneliti mencatat lamanya waktu para responden berkunjung, serta jumlah makanan yang dikonsumsi. Selain itu, peneliti juga meminta para responden untuk menilai kualitas sajian sebelum mereka pulang.


Peneliti dari Cornell University itu berpikir, bahwa suasana santai dapat memicu responden untuk tinggal di restoran lebih lama. Mereka akan memesan lebih banyak makanan, dibandingkan dengan responden yang makan di rumah makan cepat saji pada umumnya.


Namun, hasil penelitian telah berbeda. Meskipun para responden tinggal lebih lama di restoran bernuansa romantis, ternyata mereka memesan makanan lebih sedikit.


Para psikolog menjelaskan, bahwa para responden tersebut merasa tidak terganggu dengan suasana hingar bingar rumah makan cepat saji. Sehingga mereka dapat lebih terfokus dengan sajian makanan.


Profesor Brian Wansink menyatakan, berdasarkan penemuan itu pihaknya menyarankan agar rumah makan cepat saji menggunakan suasana santai untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi konsumsi kalori.


Menurut Wansink, hal ini merupakan informasi penting bagi kebanyakan rumah makan cepat saji, yang memberikan kontribusi besar pada peningkatan obesitas.


Sumber: dailymail 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...