Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Jumat, 21 September 2012

Waspadai Gigi Gemerutuk Saat Tidur Pulas


VeHealth - Apakah Anda pernah mendengar suara gigi gemerutuk sewaktu seseorang tertidur pulas? Dalam dunia kedokteran, aktivitas gigi yang tidak normal di dalam rongga mulut saat tidur disebut bruksism (bruxism) atau pengasahan gigi. Penyebab utama kondisi ini masih belum jelas, namun banyak penelitian yang mengatakan stres dan kondisi emosi seseorang berpotensi menyebabkan bruksism.

Selain itu kebiasaan seperti mengkonsumsi alkohol, kopi dan merokok secara berlebihan juga banyak disebut-sebut dapat mengakibatkan bruksism. Memang tidak semua orang mengalami bruksism setiap kali tidur. Biasanya terdapat gejala-gejala lain yang berhubungan dengan kebiasaan menggemerutukkan gigi, antara lain nyeri pada telinga, sakit kepala, migrain, gigi ompong, insomnia, sakit leher dan sakit rahang.

Seperti dikutip dari BBC, kondisi ini memang terbilang umum terjadi. Bahkan tak jarang anak-anak yang mengalami bruksism. Sekilas memang tampak bukan masalah serius, tapi pengasahan gigi yang berulang dalam waktu yang lama sangat berpotensi merusak dan menimbulkan masalah gigi serta gusi.

Tak jarang pula orang yang mengalami kelainan sendi-sendi rahang karena sudah menderita bruksism selama bertahun-tahun. Solusi terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter gigi. Setelah didiagnosa, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan terapi. Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, Anda sebaiknya mengikuti terapi yang bertujuan menurunkan stres seperti konseling, muscle relaxants dan bahkan tranquillisers.

Selain itu Anda juga dapat meminta dokter untuk membuatkan Anda dental appliance dari plastik yang dapat Anda pakai seperti gum shield saat tidur pada malam hari agar menghindari gigi bagian atas dan bawah Anda bergemerutuk. (ka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...