Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Rabu, 19 September 2012

Kenali Jenis Yoga yang Paling Cocok Untuk Anda


VeHealth - Banyak orang mengandalkan seni gerak tubuh yoga sebagai media relaksasi untuk menenangkan pikiran di tengah stres. Mereka meyakini yoga memberikan energi positif dalam kehidupan, yang mendukung peningkatan kualitas kesehatan.

Lewat keseimbangan jiwa dan pikiran, yoga tak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental tapi juga berperan melancarkan sistem pencernaan, membuat jantung lebih sehat, membentuk perut lebih kuat, mengontrol berat badan, meningkatkan sistem, dan menjadi media rekreasi.

Yoga terbagi dalam beberapa tingkatan: pemula, menengah, dan mahir. Mengingat gerakannya yang cukup sulit, sejumlah instruktur yoga selalu mengingatkan untuk melakukannya sesuai kemampuan. Jangan sampai yoga justru memicu cedera serius.

Ada banyak variasi yoga. Jika masih bingung, simak beberapa pilihan yoga berikut yang mungkin cocok untuk Anda, seperti yang dikutip Daily Spark:

1. BikramCocok untuk: pemula yang ingin melatih konsentrasi

Jenis yoga ini biasanya dilakukan di dalam ruangan dengan suhu sekitar 105 derajat Fahrenheit atau sekitar 40 derajat Celcius. Gerakannya dibagi dua tahap: standing pose selama 45 menit dan floor postures selama 45 menit. Latihan biasanya terdiri sekitar 26 pose yang fokus pada pengaturan pernapasan selama 90 menit. Jenis yoga ini cukup melatih konsentrasi dan menguras tenaga.

2. AshtangaCocok untuk: mereka yang ingin meningkatkan kekuatan tubuh

Yoga yang dikembangkan K Pattabhi Jois ini tidak direkomendasikan untuk pemula, Ashtanga adalah satu rangkaian gerakan di mana satu gerakan mengalir dengan urutan yang cepat. Tujuannya untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan.

3. AnusaraCocok untuk: Mereka yang ingin menjalani terapi emosional dengan pikiran positif.

Anusara dalam terjemahan bebas berarti ‘mengikuti kata hati’. Yoga yang didasarkan pada filosofi Tantra ini adalah cara pendekatan yang sangat sensitif dan holistik untuk mencapai pencerahan lahir batin. Yoga jenis ini menanamkan ide pencapaian tenaga dan ketentraman dengan cara membuka hati dan menerima apa yang ada di bumi ini apa adanya.

4. IyengarCocok untuk : Orangtua dan mereka yang pulih dari cedera.

Jenis yoga ini biasanya ditandai dengan penggunaan alat peraga seperti balok kayu, harness, bantal, dan straps. Tujuannya untuk mengetahui dasar posisi yoga yang benar sehingga tubuh mendapatkan fleksibilitas dan kekuatan. Dengan gerakan lambat, latihan ini baik untuk mereka yang memiliki riwayat cedera fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...