Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Rabu, 19 September 2012

Ingin Bugar? Pahami Porsi Ideal Olahraga


VeHealth - Meluangkan waktu olahraga di tengah padatnya aktivitas kerja terkadang menjadi persoalan sulit. Padahal, hanya perlu beberapa menit demi mempertahankan kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Kebutuhan olahraga seseorang per hari tak sama. Tergantung intensitasnya. Mereka yang memiliki rutinitas olahraga yang baik membutuhkan waktu yang relatif sebentar setiap sesi olahraga.

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), mereka yang sudah memiliki kebiasaan olahraga teratur hanya membutuhkan sekitar 20 menit per hari untuk latihan fisik seperti kardio.

Steve Barrett, ahli kebugaran dan penulis buku kebugaran, mengatakan bahwa kunci keberhasilan olahraga adalah konsistensi. Idealnya, Anda Harus melakukan lima sesi olaharag selama 20 menit dalam seminggu. "Anda bisa menggabungkan dua atau tiga atau 20 menit latihan aerobik dengan aktivitas seperti berjalan, berlari dan bersepeda."

Anda juga dapat menggunakan rumus FIT (Frekuensi, Intensitas, dan Tempo) sebagai panduan dalam berolahraga, seperti dalam paparan berikut:

Frekuensi
Penelitian membuktikan untuk memperoleh kesegaran jasmani yang optimal, seseorang harus melakukan olahraga secara benar dan teratur 3-5 kali per minggu. Sebaiknya, jarak antara latihan tidak boleh lebih dari 2 hari.

Intensitas
Pastikan melakukan latihan dengan intensitas cukup. Yang dimaksud intensitas di sini adalah kecepatan berolahraga agar mencapai zona latihan yang dapat diketahui dengan menggunakan ukuran denyut nadi maksimal yang dapat dihitung dengan meraba pergelangan tangan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Yakni ketika denyut nadi kita mencapai 60 – 80% denyut nadi maksimum (220 dikurangi umur dalam tahun).

Rata-rata, kecepatan yang diperlukan sedikit lebih cepat dari enam kilometer per jam. Kebanyakan wanita berolahraga kecepatan kurang dari empat kilomegter per jam. Oleh karenanya, kita harus sedikit mempercepat agar lebih bermanfaat untuk mendapatkan cukup nilai aerobik.

Tempo
Masa latihan sebaiknya tergantung dari kondisi tubuh. Biasanya lama olahraga yang benar adalah antara setengah sampai satu jam per sesi olahraga. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American College of Sport Medicine, untuk meningkatkan kebugaran aerobik, Anda perlu berlatih selama 20-60 menit secara beruntun, tanpa terputus. Sesinya dari tiga sampai lima hari dalam seminggu dengan intensitas 60-90 persen dari denyut nadi maksimal Anda. (ka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...