Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Senin, 17 September 2012

Belanja Kosmetik, Jangan Tergoda Penampilan

VeHealth - Jejeran perlengkapan kosmetik di display memang selalu menggoda mata untuk meliriknya. Apalagi, jika terdapat warna-warna dan seri baru yang belum dimiliki. Rasanya, ingin segera membeli semuanya.

Berbelanja kosmetik memang jadi agenda wajib para wanita. Lalu, di mana biasanya Anda berburu kosmetik? Gerai tertentu, supermarket, atau mungkin secara online? Kini, memang banyak pilihan untuk berbelanja kosmetik andalan.

Dari sekian banyak pilihan tempat dan cara, sebagai wanita Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Tentu, agar kosmetik yang Anda beli memang sesuai yang dibutuhkan, dengan harga yang tidak terlalu mahal, serta warnanya sesuai dengan kulit Anda.

Supermarket
Untuk brand-brand kosmetik tertentu, baik lokal maupun luar, banyak yang bisa dibeli di supermarket. Brand kosmetik ini biasanya untuk penggunaan sehari-hari dan harganya tak terlalu mahal. Jika membeli di supermarket, biasanya pramuniaga yang memandu tidak bisa berlama-lama menangani Anda.

Pelanggan juga jumlahnya lebih banyak dan Anda pun harus 'memperebutkan' sang pramuniaga untuk bisa melayani. Apalagi, jika memilih-milih warna baru, tentu Anda membutuhkan lebih banyak waktu. Sebaiknya jika membeli kosmetik di supermarket Anda sudah tahu apa yang akan dibeli, baik merek, seri, maupun warnanya.

Jika memang tak terlihat di rak, baru tanyakan pada pramuniaga. Counter kosmetik di supermarket memang dirancang untuk pembelian kosmetik sehari-hari, di mana pelanggan membeli secara rutin. Tenaga pramuniaga pun tak terlalu banyak. Untuk berbelanja kosmetik sehari-hari dan sudah tahu apa yang akan di beli, supermarket memang tujuan paling praktis.

Online

Tak sempat pergi ke counter kosmetik karena harus berkutat dengan pekerjaan, sementara lipstik, bedak atau foundation sudah habis? Cara paling praktis memang membelinya secara online. Kini banyak sekali webstore yang menjual kosmetik secara online.

Namun, Anda harus pastikan webstore tersebut menjual kosmetik asli. Jika ada yang menawarkan brand kosmetik ternama dengan harga yang jauh lebih murah, patut curiga. Bisa jadi itu merupakan kosmetik palsu.

"Biasanya (kosmetik palsu) kelihatan dari warna, teksturnya, cepat nempel di kulit atau tidak. Misalnya kita beli foundation cair, kalau orang yang sudah tahu aslinya, ketika dia lihat yang palsu itu bisa keliatan cuma dengan liat kekentalannya saja," kata Sake, seorang make-up artist, saat dihubungi VIVAlife.

Dan hal itu tak bisa dikenali jika Anda membelinya secara online. Sake menyarankan, jika memang ingin mencoba baru, sebaiknya jangan membeli online. Itu karena mencoba kosmetik sebelum membeli, wajib hukumnya.

Counter kosmetik
Ini memang tempat yang paling ideal. Anda bisa menemukan beragam merek dan jenis kosmetik, sehingga pilihan jadi lebih banyak. Di sini lah tempatnya memuaskan diri untuk mencoba berbagai kosmetik, terutama bagi Anda yang ingin mencoba warna baru. Tak melulu harus setia pada satu merek, sesuaikan saja dengan apa yang Anda butuhkan.

"Sesuaikan dengan kebutuhan, jenis kosmetiknya, warna-warnanya, pengaplikasiannya. Karena ada merk yang keunggulannya itu hanya jenis tertentu saja misalnya foundationnya bagus tapi eyeshadow-nya tidak. Jadi gak harus setia dengan satu merek," kata Sake.

Jangan segan untuk mencoba. Apalagi jika Anda ingin membeli kosmetik warna baru atau merek yang belum pernah digunakan sebelumnya. Bukan hanya menyesuaikan warna, tapi juga apakah formulanya tak menilbulkan alergi pada kulit Anda. 

"Sebaiknya dicoba karena Anda tetap harus jeli. Itulah alasan kenapa di setiap counter kosmetik itu ada testernya. Supaya kita bebas mencoba dan bebas memilih produk yang cocok dengan kita," ujar Sake.

Ia juga menyarankan, sebaiknya berbelanja kosmetik dekoratif dilakukan pada siang hari. Itu karena, sinar matahari merupakan cahaya yang paling netral, dan Anda bisa melihat hasilnya secara lebih maksimal.

"Kalau mau melihat dengan bantuan sinar matahari, kita juga harus memakai baju hitam karena warna hitam itu menyerap cahaya. Logikanya,  berarti tidak ada pantulan cahaya, jadi warna hitam itu menetralkan. Kalau warna terang, misalnya merah itu membuat refleksi ke wajah jadi mempengaruhi tampilan make up," kata Sake.

Jadi, kini tak perlu bingung lagi saat berbelanja kosmetik. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan jadikan ritual cantik ini pengalaman seru dengan tak ragu mencoba warna-warna baru. Selamat berbelanja! (ka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...