Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Jumat, 21 September 2012

Anak Gemuk Karena Faktor Genetik?


VeHealth - Anak Anda gemuk atau kelebihan berat badan? Sering merasa lapar meskipun sudah makan? Selalu ingin makan atau ngemil meskipun baru saja makan? Atau selalu makan banyak tiap kali makan? Waspadalah karena mungkin saja ini merupakan faktor genetik. Simak infonya berikut ini!

Beberapa anak mungkin tidak akan mampu menahan diri untuk tidak menyantap habis sepiring kue meskipun mereka sudah makan. Hal ini telah diteliti di Inggris beberapa waktu lalu. Dalam sebuah eksperimen yang dilakukan terhadap 131 anak usia 4 hingga 5 tahun, dengan memberikan mereka sepiring kue sehabis makan ternyata ditemukan bahwa beberapa dari mereka tak mampu menahan diri untuk tidak menyantapnya.

Anak-anak yang tak mampu menahan diri ini kecenderungan memiliki FTO gen tertentu. Seperti keterhubungan gen yang membuat tubuh semakin besar. Dan diduga beberapa masalah pola makan berlebih pada anak-anak merupakan faktor genetik.

FTO atau Fat Mass Obesity Associated adalah gen pada kromosom 16 manusia yang memiliki varian tertentu yang berhubungan dengan obesitas pada manusia.

"Penelitian in memberitahukan bahwa beberapa anak memiliki signal di dalam tubuh mereka dalam merespon makanan meskipun sudah dalam keadaan kenyang," terang Jane Wardle ketua dari penilitian ini dari University College London.

"Mengetahui lebih awal apakah gen tersebut aktif adalah langkah awal yang baik untuk meminimalisir efek negatif FTO genetik ini," ujarnya menambahkan.

Obesitas, adalah faktor utama yang memicu munculnya beberapa panyakit. Diantaranya adalah jantung dan  diabetes tipe 2, yang jumlahnya terus meningkat dan menjadi masalah global. Khususnya bagi orang-orang yang jarang melakukan olah raga dan jarang melakukan aktivitas atau lebih senang berdiam diri.

WHO telah mengklasifikasikan sekitar 400 juta orang di dunia ini mengalami masalah obesitas. FTO ini telah lama dihubungkan dengan kegemukan atau obesitas. Sebuah studi menunjukkan orang-orang dengan dua jenis obesitas versi genetik dengan rata-rata berat mendekati 7 pounds bahkan lebih da seklitar 70 % dari mereka telah mengalami obesitas dibandingkan dengan versi lainnya.

Penelitian ini juga mencari keterhubungan antara faktor genetik dengan ketertarikan anak-anak dengan latihan fisik tetapi tidak ditemukan satupun, hal ini telah dilansir oleh International Journal of Obesity.

"Kami harap penelitian ini akan membantu meningkatkan pemahaman kita tentang penyebab obesitas pada anak-anak. Sehingga tindakan atau penanganan yang tepat dapat mengurangi masalah tersebut," jelas Wardle.

"Anak-anak dengan FTO yang memiliki resiko tinggi masih dapat dibantu jika para orang tua dapat mengontrol kebiasaan 'coba-coba' mereka di luar rumah," Katanya lagi menambahkan. (ka)


Sumber: detik.health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...