Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Minggu, 16 September 2012

1 Porsi Makanan Siap Saji Setara Makan 5 Porsi


VeHealth - Alih-alih menembus kemacetan, banyak yang lebih suka melipir ke minimarket yang kini banyak bertebaran di penjuru kota, terutama Jakarta. Duduk-duduk sembari browsing berita di tablet atau smartphone ditemani segelas minuman bersoda dan sebungkus lasagna yang dipanaskan di microwave.
 
Gaya hidup yang kini mulai menghinggapi kaum urban. Namun, sadarkah Anda kalau menyantap makanan siap saji yang banyak tersedia di konter pendingin di minimarket atau supermarket justru mengorbankan kesehatan Anda?
Pasalnya banyak studi yang mengatakan bahwa makanan siap saji tersebut memiliki kadar lemak dan garam yang berlebihan. Kadar lemak jenuh yang terkandung di dalamnya bahkan sangat mengejutkan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Glasgow University, satu porsi makanan siap saji memiliki asupan lemak setara dengan jumlah yang disarankan untuk orang dewasa dalam sehari. Mereka menemukan bahwa beberapa makanan mengandung substansial lebih dari kadar lemak harian (Guideline Daily Amount-GDA) yang harus dikonsumsi orang dewasa seperti dikutip dari laman Daily Mail

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi  makanan siap saji yang mengandung 140 persen GDA sama dengan makan lima porsi, atau lebih dari jumlah normal dalam sehari.
Mike Lean, Ketua Penelitian di Jurusan Nutrisi di Glasgow University, mengatakan bahwa makanan siap saji ini sering diberi label makanan "istimewa" atau "terbaik" yang ternyata bisa menyesatkan konsumen.

Apalagi banyak konsumen yang menganggap makanan siap saji yang mereka beli adalah makanan yang sehat dibandingkan dengan makanan yang dijajakan oleh penjual kaki lima. Oleh karena itu tidak heran jika mereka mengharapkan manfaat kesehatan karena sudah membeli dengan harga yang lebih tinggi.

Karena itu, sudah seharusnya konsumen lebih waspada. Perhatikan label makanan siap saji, perhatikan rincian informasi yang tertera di kemasan seperti nutrisi, lemak, kalori, dan garam. Kalau sakit Anda juga yang harus menanggungnya 'kan? (ka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...