Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Jumat, 21 September 2012

5 Hal Tentang Jantung Sehat yang perlu Diajarkan Kepada Anak


VeHealth - Penyakit jantung adalah penyebab nomor satu terhadap kasus kematian akibat penyakit tidak menular di dunia. Penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat sejak kecil hingga dewasa, sehingga orang tua perlu mengajarkan kepada anak pentingnya memiliki jantung yang sehat.

Seperti dilansir sheknows, Kamis (20/09/2012) berikut 5 hal yang perlu diajarkan kepada anak mengenai cara menajga jantung agar tetap sehat:

1. Perkenalkan bahaya penyakit jantung
Menurut Centers for Disease Control and Prevention, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat yang rata-rata kasusnya terjadi setiap 25 detik. Kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat akibat konsumsi makanan cepat saji.

Perkenalkan sejak dini pada anak mengenai kesehatan jantung agar anak mengetahui bahwa pola hidup yang tidak sehat dapat menempatkan risiko terhadap penyakit jantung, yaitu penyakit yang membunuh secara diam-diam (silent killer).

2. Ajarkan kebiasaan makan yang sehat
Makan yang sehat tidak harus berarti makan dengan rasa hambar yang biasanya tidak disukai anak-anak. Makanan yang sehat dan baik untuk jantung adalah seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

Ajarkan pula cara mengolah atau memasak makanan yang sehat sejak kecil seperti dengan mengurangi garam yang tidak baik untuk jantung. Kebiasaan baik yang telah diajarkan sejak kecil akan terbawa hingga dewasa dan bermanfaat bagi kesehatan jantungnya hingga tua.

3. Ajarkan diet yang tepat untuk anak yang memiliki berat badan berlebih
Jika anak kelebihan berat badan, jangan memaksanya melakukan diet ketat karena akan membuat dirinya kehilangan nutrisi penting yang diperlukan untuk tumbuh. Obesitas memang meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi atasi hal ini dengan cara yang bijak.

Anda cukup mengajarkan kebiasaan makan yang sehat dan menghindari makanan cepat saji. Berat badan dapat turun dengan cara alami dan lebih sehat melalui pengaturan pola makan dan jenis makanan. 

4. Ajak anak berolahraga
Mungkin olahraga di gym tidak menarik bagi anak-anak, sehingga Anda mungkin perlu mengajaknya bermain sepak bola atau basket di halaman rumah. Kunci terpenting adalah membuat anak banyak gerak.

Jika anak memiliki hobi menari atau bulu tangkis, tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya ke sanggar tari atau tempat pelatihan. Olahraga dapat membuat aliran darah lancar dan menurunkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

5. Ajarkan anak agar jauh-jauh dari kebiasaan merokok
Merokok juga merupakan faktor terbesar yang menyebabkan penyakit jantung. Nikotin rokok dapat menyebabkan plak pada pembuluh darah dan menghambat aliran darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika anak telah mengetahui dampak buruk rokok sejak kecil, dirinya akan menjauhi kebiasaan merokok ketika remaja dan terus bertahan hingga dewasa. (fn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...