Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Rabu, 12 September 2012

Langkah Pria Terbebas dari Kanker Testis


VeHealth - Seperti wanita yang harus memeriksa payudaranya secara teratur, pria juga seharusnya melakukan pemeriksaan bulanan secara mandiri untuk kanker testis. Tapi sayangnya, 50 persen pria tidak pernah memeriksa testisnya untuk mencari benjolan dan padatan.

Kanker testis adalah tumor yang timbul dalam testis. Kanker ini menyerang pria muda, sebagian besar berusia 19-44 tahun, walaupun kanker dapat menyerang remaja laki-laki berusia 15 tahun.

Pria umumnya hanya memiliki sedikit informasi tentang kanker pria. Walaupun sesungguhnya kanker testis adalah kanker yang paling banyak dijumpai pada pria muda, lebih dari dua pertiga pria hanya tahu sedikit atau tidak tahu sama sekali.

Berikut ini beberapa langkah pemeriksaan mandiri yang harus dilakukan para pria, seperti diungkapkan pakar parenting dr. Miriam Stoppard dalam bukunya berjudul Panduan Kesehatan Keluarga.

Raba


Waktu yang terbaik untuk melakukan pemeriksaan mandiri adalah saat mandi. Air panas merelaksasi skrotum dan mempermudah Anda menemukan benjolan atau kejanggalan. Berdirilah di depan cermin dan carilah bengkak pada kulit skrotum. Skrotum harus disangga dengan telapak tangan. Ukuran dan berat setiap testis harus diperhatikan. Setiap testis seharusnya diperiksa dengan menggulirkannya di antara jari-jari dan ibu jari.

Rasakan


Tekanlah dengan lembut dan rasakan jika ada benjolan, bengkak, atau perubahan kepadatan. Jangan tekan terlalu kuat. Berhati-hatilah agar testis tidak terpuntir. Setiap testis harusnya terasa lembut dan halus, seperti telur rebus matang tanpa cangkang.

“Walaupun sebagian besar benjolan dalam testis bersifat jinak, setiap perubahan ukuran, bentuk, dan berat, bisa menandakan kelainan, dan Anda harus memberi tahu dokter secepatnya,” ungkap dr. Miriam.

Jika ditemukan sejak awal, kanker testis bisa disembuhkan pada lebih dari 90 pesen kasus. Bahkan, jika tumor menyebar, ini bisa disembuhkan dalam 80 persen kasus. “Jenis kanker testis yang paling banyak dijumpai biasanya ditangani dengan pengangkatan testis, disertai radioterapi dan jika diperlukan, berbagai jenis terapi obat,” kata Miriam. (ka)


sumber: okezone

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...