Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Selasa, 11 September 2012

Kadar Gula Darah Picu Penyusutan Otak


VeHealth - Orang dengan kondisi gula darah pada batas normal berisiko lebih besar mengalami penyusutan otak. Penyusutan itu berdampak pada proses penuaan dan demensia.

Kesimpulan tersebut berasal dari sebuah penelitian yang dilakukan WHO dengan melibatkan 249 orang yang berusia 60-64 tahun, dengan kondisi gula darah batas normal.


Setelah menjalani scan otak pada tahun keempat penelitian, diketahui mereka dengan kadar gula darah normal dibawah 6,1 mmol/1 (atau 110 mg/dL) lebih cenderung mengalami penyusutan volume otak di daerah hipokampus dan amigdala. Daerah yang terlibat dalam memori dan keterampilan kognitif ketimbang kadar gula yang lebih rendah.


Sebagai informasi, tingkat gula darah sebesar 10,0 mmol/1 (180 mg/dL) atau lebih tinggi didefinisikan sebagai diabetes. Sedangkan tingkat 6,1 mmol/1 (110 mg/dL) dianggap pradiabetes.


Setelah mengontrol usia, tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, penggunaan alkohol, dan faktor-faktor lainnya, peneliti menemukan gula darah yang berada pada batas normal menyumbang enam sampai 10 persen penyusutan otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...