Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Selasa, 11 September 2012

Flu Penyakit Ringan Yang Menular


VeHealth - Influenza, atau umumnya dikenal dengan sebutan flu bukan barang asing lagi di telinga masyarakat. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang pernah mengalami penyakit menular ini. Tapi pertanyaannya, apakah kita mengetahui bahwa penyakit yang dibawa oleh virus RNA ini bisa menyebabkan penyakit berat, bahkan kematian bagi penderitanya?

Menjawab pernyataan ini, dr Muhammad Fikri Aulia menjelaskan, bahwa kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Namun untuk penjabarannya tidak sederhana, sebab pada prinsipnya penyakit menular ini tergolong dalam kategori ringan.

Menurut dokter umum Klinik Kosasih Pangestu Telukbetung ini, penderita flu dapat mengalami kejadian fatal tersebut karena memang sebelumnya sedang menderita penyakit kronis. Misalnya saja, penderita mengalami infeksi pernafasan berat (pneumonia), asma, komplikasi, jantung dan beberapa penyakit lainnya.

"Pada dasarnya, influenza bisa memperparah penyakit berat bawaan yang sedang dialami oleh pasien. Atau dengan kata lain, dapat merangsang dan mendorong penyakit bawaan tersebut pada hal - hal yang tidak diinginkan, seperti memperparah atau menyebabkan kematian. Artinya, secara teknis flu tidak berpengaruh secara langsung menciptakan kejadian tersebut, hanya sebatas mendorongnya saja," ungkapnya.

Fikri menambahkan, gejala paling umum dari penyakit flu adalah menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman. Penularan penyakit ini pun terbilang cepat, karena melalui media udara yang masuk ke mulut atau terhirup langsung ke hidung.

"Selain itu, flu juga dapat menular secara tidak langsung. Misalnya melalui media lain yang sifatnya benda padat, seperti gagang pintu yang kita sentuh dengan tangan. Lalu, tidak sengaja tangan yang telah terkena virus kita usap ke hidup atau mulut, dan banyak media lainnya," kata Fikri. (ka)


sumber: tribunlampung.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...