Selamat Datang Di Blog Ini, Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Anda

Selasa, 13 November 2012

Menguak Alasan Wanita Emosional Usai Bercinta

VeHealth - Aktivitas seksual memberi sejuta manfaat, secara fisik maupun mental. Tapi kadangkala usai berhubungan seks, ada wanita yang justru merasa sedih atau tertekan. Apa penyebabnya ?

Penelitian terkait munculnya rasa sedih, tertekan, hingga depresi usai melakukan hubungan seksual ini dilakukan oleh para peneliti Australia dari Queensland Institute of Technology. Hasilnya menunjukkan bahwa satu dari tiga wanita merasa tertekan setelah bercinta.

Lebih dari 200 perempuan ditanyakan soal kehidupan seksualnya. Sekitar 33 persen mengatakan pada beberapa titik, mereka pernah merasa tertekan setelah bercinta dengan pasangan.

"Dalam keadaan normal, berhubungan seksual dalam menciptakan sensasi perasaan bahagia, sejahtera, sekaligus mampu merelaksasikan keadaan psikologis dan fisik," kata seorang profesor dari Queensland Institute of Technology, Robert Schweitzer, seperti dikutip dari Daily Mail.

Namun ada pula wanita yang justru merasakan sebaliknya. Usai berhubungan intim, mereka lebih melankolis dan gelisah, bahkan dapat berujung pada depresi. Menurut Robert, kondisi ini memang sulit untuk dijelaskan secara mendetail. Akan tetapi, kondisi ini berkaitan erat dengan post coital blues (kesedihan).

Dengan kata lain, wanita yang sedang bersedih lebih mudah meluapkan emosinya usai bercinta. Dalam hal ini, muncul rasa sedih yang berlebihan, mudah marah, dan cemas, serta gelisah.

Kondisi ini terjadi disebabkan karena faktor pengalaman yang tak menyenangkan misalnya trauma seksual akibat pelecehan seksual. "Rasa malu, bersalah, dan kehilangan harga diri dapat menjadi korelasi yang mungkin dalam hal ini," kata Schweitzer.

Akan tetapi, di balik itu semua ada faktor lain yang menjadi penyebabnya, seperti predisposisi biologis (lebih mungkin dan rentan karena faktor biologis).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...