VeHealth - Tak hanya wanita yang kehilangan percaya diri ketika kulit wajah
berminyak atau berjerawat. Pria yang peduli penampilan juga semakin
banyak. Ini ditandai dengan munculnya beragam produk perawatan khusus
untuk pria di pasaran.
Indra Refipal Sembiring misalnya. Pemenang pertama Men in Mission
yang digelar Nivea for Men ini melihat penampilan sebagai salah satu
faktor penunjang sukses. Tentu jika diimbangi dengan kemampuan
intelektual yang cerdas.
"Penampilan yang fresh dan enak
dipandang dapat membuat seseorang lebih percaya diri, yang dapat
mempermudah orang tersebut meraih impiannya," ujarnya. "Penampilan, pola
pikir, dan kemampuan bicara harus selaras."
Pernah merasa malu
dikata kemayu? Refipal dengan tegas melawan anggapan yang menyebut pria
peduli penampilan tidak maskulin. Ia merasa bentuk kepeduliannya
terhadap penampilan masih sesuai porsi yang menitikberatkan masalah
kebersihan dan kesehatan.
"Saya nggak merasa malu
merawat kulit. Banyak pria yang bekerja di lapangan dengan sengatan
matahari tidak peduli kesehatan kulit. Membuat wajah berminyak,
berjerawat dengan pori-pori membesar," ujarnya. "Kalau cuma membersihkan
wajah telaten tak perlu malu."
Senior Brand Manager
produk perawatan kulit, Adi Nugraha, sepakat dengan pemikiran Refipal.
Pria tak perlu malu melakukan perawatan kulit. "Kulit berminyak ini
merupakan problem terbesar pria yang hidup di iklim tropis, seperti
negara kita. Pria memiliki kulit lebih tebal dengan pori-pori yang besar
dibandingkan wanita," ujarnya.
Pria pesolekSebuah
survei yang dilakukan salah satu produk kecantikan di Inggris
mengungkap bahwa banyak pria yang melakukan perawatan tubuh diam-diam,
lantaran khawatir dicap sebagai pria kemayu, seperti dikutip dari laman Shine.
Survei
juga mengungkap bahwa satu dari sepuluh pria di Inggris sering
menggunakan produk perawatan milik kekasihnya. Sebagian responden pria
juga mengaku sering meminjam peralatan milik kekasih atau teman wanita
untuk mempercantik kuku, kulit, dan rambut.
Banyak pria yang
rupanya menyadari pentingnya urusan penampilan dan citra diri. Bagi
mereka, bersolek tak sekadar bagian penting dari perawatan diri, tapi
juga meningkatkan kepribadian atau kepercayaan diri.
Tak cuma
Nive for Men yang menandai fenomena itu. Berbagai produk kosmetika
khusus pria lain bermunculan. Sebut saja produk Men Expert dari L'Oreal
yang menawarkan teknologi perawatan untuk kulit pria. Juga produk pria aftershave yang diluncurkan vokalis Jon Bon Jovi.
Dalam
sejumlah literatur, pria pesolek sebenarnya bukan tren masa kini. Pria
yang gemar berdandan diyakini sudah ada sejak zaman pra-sejarah. Argumen
itu dibuktikan dengan temuan sejumlah mumi yang memiliki gaya rambut
mohawk dengan sapuan gel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar